Partisipasi

Posted on 9 Februari 2009. Filed under: Dari Sekret | Tag:, , , , , |

oleh: Fahrurozi

Assalamu’alaikum wr,wb

( Taujih Robbani mohon dibuka QS. Ash Shaf : 10 – 13 )

Tahun 2009 awal kepengurusan RISKA yang baru. Dengan pemimpin yang baru, Eko Yuniarto. Sebagian RISKAder  diminta “berpartisipasi” dalam struktur RISKA 2009-2010.   Struktur RISKA 2009-2010 pun akan dilantik oleh MASK. Saat ini yang perlu kita tanyakan dalam diri kita masing-masing adalah : “ Apa partisipasi kita dalam da’wah RISKA 2009-2010?”

BERSYUKURLAH

Dari semua literatur dan kisah sejarah yang kita baca, kita akan menemukan satu kesimpulan, bahwa menjadi pejuang dijalan Allah dalam hal ini menjadi pejuang kebaikan di RISKA adalah kesempatan yang diberikan Allah kepada kita sebagai hamba-hamba-Nya. Ada unsur dimana kita memilih secara sadar untuk menjadi Riskader, untuk menjadi aktivis dakwah RISKA atau menjadi
pejuang kebaikan. Tapi rangkaian keseluruhannya dijahit oleh substansi yang
sangat mendasar : hidayah dan bimbingan Allah SWT. Selalu ada tangan lain  dibalik tangan-tangan kita.  Senantiasa ada kekuatan lain  dibalik kekuatan kita.

Berjuang untuk Islam melalui RISKA adalah “kesempatan berpartisipasi”. Partisipasi menegaskan satu hal penting, bahwa pada hakikatnya Allah tidak memerlukan kita. Pada dasarnya Allah sendiri bisa menjaga, mengembangkan dan membuat besar RISKA sendirian. Meneguhkannya
sendiri.  Jika Dia mau, sangat-sangat mudah bagiNya.  Semua urusan RISKA akan diselesaikan sendiri. Dengan cara Nya sendiri. Bersyukurlah bahwa Allah masih memilih kita untuk ikut berpartisipasi berjuang untuk Islam di RISKA. Hanya karena kasih sayang dan rahmatNya, Allah melibatkan kita sebagai hamba-hambaNya untuk turut serta berpartisipasi di RISKA.

PARTISIPASI DALAM SEJARAH

Partisipasi adalah pemberian. Ada ikhtiar, memang. Tapi dengan keadilan Nya, tidak semua orang dipilh oleh Allah untuk mendapat kehormatan partisipasi. Seperti orang-orang yang hidup dizaman Rasulullah tetapi tidak mau menerima ajakan Islam, tidak mau masuk dalam golongan orang-orang yang beriman. Akhirnya tidak mendapat kesempatan berpartisipasi dalam amal perjuangan.
Al Qur’an selalu benar dan pasti benar.
Surat al Lahab bercerita tentang kesudahan Abu Lahab yang akan masuk neraka bersama Istrinya. Jarak antara turunnya surat al Lahab dengan kematian Abu Lahab berjarak 10 tahun. Turunnya surat ini membuat Abu Lahab mengatakan kesemua orang dia akan mementahkan pernyataan al Qur’an, caranya suatu hari dia akan masuk Islam. Tapi hatinya memang tidak layak untuk diberi kesempatan berpartisipasi menjadi pendukung Islam. Abu Lahab pun mati seperti apa yang digambarkan dalam surat al Lahab tanpa bisa membuktikan omongannya.

Sejarah telah pula mencatat, bahwa Allah juga memberi contoh bagaimana para partisipan dikeluarkan oleh Nya dari barisan orang-orang Islam. Lantaran tidak sungguh-sungguh mau menerima kesempatan untuk berpartisipasi.  Atau mempermainkan kesempatan berpartisipasi. Karena itu salah satu indicator partisipasi yang baik dalam perjuangan, adalah apakah seseorang terus tegar berjalan diatas perjuangannya itu, ataukah mengambil pilihan dijalan pinggir, mojok,dan akhirnya pulang, terutama disaat-saat sulit. Seperti 300 orang yang pulang sebelum kaum muslmin sampai diperang Uhud. Para penulis sirah dan tarikh mengistilahkan mereka
dengan  ‘almutadzahirun bil islam’ (yang menampak-nampakkan keIslaman). Tapi mereka tidak mendapat kesempatan partisipasi, meski mereka berada dalam shaf kaum muslimin dan hidup bersama Rasulullah SAW.

HAKEKAT PARTISIPASI

RISKA memasuki agenda-agenda baru dengan semangat baru dan  “kader-kader yang baru”. Karena itu siapa saja yang merasa bergabung dalam kafilah da’wah RISKA tidak boleh lupa dengan satu hakekat : ini semua  merupakan kesempatan untuk berpartisipasi. Allah yang memberikan untuk sebagian orang dan tidak memberikannya kepada sebagian yang lain.

–Isi tulisan sebagian besar diambil dari Media Risalah Nukhbawiyah

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: